Slider

Kolom Muhammad Ridwan

PNPM Mandiri

Media Sosial

Review Film

Berita

Kuliner

» » Asa Baru Keluarga Pak Syair

Media Warga Online 19/06/2009.

CIBINONG - Duka mungkin masih bergelayut di keluarga Pak Syair (33 tahun), ya bulan lalu dalam seminggu dua anggota keluarganya meninggal dunia berturut-turut. Yang meninggal pertama adalah ayahanda Pak Syair yang bernama Pak Sa'ih (70 tahun), dan tujuh hari kemudian adiknya yang bernama Yani Mulyani (23 tahun).

Keduanya meninggal karena sakit yang sudah lama di derita. Sekarang Pak Syair hanya tinggal dengan 2 adiknya yang bernama Yusuf (30 tahun) dan Madsanih (26 tahun). Pak Syair sendiri masih hidup melajang. Dari 3 bersaudara tersebut, 1 orang dalam kondisi sakit parah yaitu Yusuf yang menderita penyakit TBC yang tidak berbeda jauh penyakit yang diderita oleh adik dan bapaknya yang telah meninggal.

Melihat dari kondisi rumah Pak Syair memang sangat tidak layak huni. Lantainya masih tanah dan berdinding bilik yang sudah rusak. Dapur dan kamar mandinya sanga tidak layak. Dari segi kesehatan sangat tidak baik.

Musibah dan penderitaan yang di alami keluarga Pak Syair mengetuk hati anggota BKM Mandiri Karadenan dan masyarakat sekitar untuk membantu keluarga tersebut. Bantuan pertama yang berikan adalah memberikan pengobatan kepada Yusuf yang sedang sakit, supaya tidak menjadi korban berikutnya. Kemudian bantuan kedua adalah merehab total rumah Pak Syair melalui dana BLM PNPM dan Swadaya Masyarakat.

Panitia pelaksana rehab total rumah Pak Syair dilaksanakan oleh KSM Al-Karomah RW. 13. Selain rumah Pak Syair, ada 2 rumah lain yang di rehab oleh KSM Al-Karomah. Khusus untuk rumah Pak Syair alokasi dana BLM sebesar Rp. 8.093.000,- dan swadaya Rp. 7.010.000,-.

Menurut ketua KSM Al-karomah Rahmat Hidayat, dana swadaya masyarakat untuk rumah Pak Syair diluar dugaan. Swadaya dalam bentuk dana saja hampir Rp. 9 juta, belum dalam bentuk material dan tenaga kerja. "Antusiasme warga membantu keluarga Pak Syair didorong karena keprihatinan warga terhadap kondisi keluarga tersebut" Ujar Pak Rakmat kepada Media Warga Online. "Donatur tidak hanya datang dari warga RW. 13 tapi juga dari luar kelurahan" pungkas Pak Rahmat.

"Saya ucapkan terima kasih kepada PNPM dan BKM atas segala bantuannya, Saya tidak mengira dapat bantuannya sebesar ini" ungkap Pak Syair kepada media warga Online.

Ketika Media Warga Online menyambangi rumah Pak Syair, tampak sudah 70% kemajuan pekerjaannya. Lantainya sudah dipasang keramik dan dindingnya sudah di plester. Ya, rumah Pak Syair sekarang sudah tampak seperti rumah Tipe 45....Semoga berbahagia dan sehat selalu di rumah barunya Pak Syair !! Allah SWT akan selalu menolong orang-orang yang sabar!!.

Oleh : Muhamad Ridwan ( Senior Fasilitator Tim 18 PNPM Kab. Bogor).

Share Artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?