Slider

Kolom Muhammad Ridwan

PNPM Mandiri

Media Sosial

Review Film

Berita

Kuliner

» » Rumah Sederhana Untuk Pak Inin

Media Warga Online, 19/06/2009.
CIBINONG - Hati Penulis sangat terhenyak ketika melihat rumah tinggal Pak Inin (65 tahun), tempat tinggalnya tidak tepat disebut rumah, lebih tepat sebuah gubuk....atau apalah (penulis sulit cari padanan katanya). Yang pasti tempat tinggalnya sangat tidak layak dan sangat kontras dengan rumah disekitarnya. Pak Inin tinggak sendiri di tempat tersebut. Anak-anaknya sudah menikah semua dan sudah mandiri.Pak Inin tinggal di Kampung Pisang RT. 01/07 Kelurahan Karadenan. Pekerjaan sehari-hari beliau adalah menjual daun singkong di sekitar Kelurahan Karadenan, sesekali menjadi anggota keamanan sebagai Hansip jika ada yang hajatan atau pada saat ada Pemilu di Kampungnya.

Syukur Alhamdulillah tidak lama lagi Pak Inin tidak akan lagi tinggal di "Gubuk Reotnya" karena Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Mandiri Karadenan akan membangun rumah sederhana untuk Pak Inin sesuai hasil rapat acara penetapan perioritas usulan kegiatan (RAPPUK) BKM. Tempat tinggal Pak Inin bersama 4 rumah yang lain akan di rehab/dibangun dengan dana PNPM Mandiri Perkotaan.

Dari data Rencana Pengunaan Dana (RPD) BLM tahap 1, BKM Mandiri Karadenan akan melaksanakan kegiatan renovasi rumah tidak layak (rutilahu) sebanyak 5 unit dengan total anggaran Rp. 47.429.000,- dengan perincian dana dari BLM sebesar Rp. 31.106.000,- dan swadaya sebesar Rp. 16.323.000,- yang akan dilaksanakan oleh KSM Inayah 2 Unit, berlokasi di RW. 07 dan KSM Al-Karomah 3 unit, berlokasi di RW. 13.

Menurut Pak Inin, beliau sangat senang dan bersyukur kepada Allah SWT atas bantuan yang diterimanya. "Saya sangat senang sekali, terima kasih kepada BKM dan Pemerintah atas bantuannya" Ungkap Pak Inin kepada Media Warga Online beberapa waktu lalu.

Ya, walaupun rumah yang dibangun oleh KSM Inayah sangat sederhana namun jauh lebih baik dari tempat terdahulu. Saat ini pekerjaan rumahnya sudah mencapai 75%. Semoga rumah yang tidak terlalu besar itu bisa menjadi tempat bernaung Pak Inin menjalani masa senjanya.

Oleh : Muhamad Ridwan (Senior Fasilitator Tim 18 PNPM Kab. Bogor)

Share Artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?