Slider

Kolom Muhammad Ridwan

PNPM Mandiri

Media Sosial

Review Film

Berita

Kuliner

» » Bapak Blogger Bogor Itu Telah Tiada

Oleh : Bugi Sumirat
Sumber : http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/02/06/bapak-blogger-bogor-itu-telah-tiada-531901.html         

Terkejut mendapati berita berpulangnya Bapak Prof. Sjafri Mangkuprawira (@Smprawira) dari kicauan blogger-blogger Bogor - Blogor (@BloggerBogor) di Twitter yang ramai berseliweran hari ini.

Untuk memastikan kebenaran berita itu, saya langsung meminta kepastian kepada rekan sesama Blogger, yaitu kang MT (@Mataharitimoer) - melalui whatsapp, ternyata betul. Menurut kang MT, Bapak Prof. Sjafri Mangkuprawira telah  meninggal dunia - menurut informasi karena serangan jantung - pada saat akan beraktifitas di Kampus IPB - dimana beliau adalah seorang guru besar di kampus tersebut.

1360139071597434113 Alm Prof. Sjafri Mangkuprawira (69 tahun), dikalangan Blogger-Blogger Bogor dikenal se sebagai ‘Bapak Blogger Bogor’ atau lebih dikenal sebagai ‘Blogfather‘nya Blogor - karena kontinuitasnya membimbing Blogor (diminta atau tidak diminta) serta keramahan dan kehangatannya untuk selalu bersedia direpoti jika barudak Blogor (begitu rekan-rekan Blogor menamakan dirinya) ingin mengadakan Kopdar di tempat beliau - entah itu di rumahnya maupun di tempat favorit barudak Blogor, yaitu di kolam pemancingan yang letaknya ditengah perumahan kampus IPB Sindang Barang.


Saya sendiri baru satu kali bertemu dan berbincang langsung dengan beliau yaitu ketika Kopdar Blogor kurang lebih satu tahun lalu (saya lupa tepatnya) - yang mengambil tempat di kolam pemancingan miliknya itu. Waktu itu saya belum lama bergabung di Blogor - dan hanya sempat berbincang singkat selama Kopdar berlangsung. Namun, komunikasi tidak berakhir di situ, dilanjutkan melalui media komunikasi lain, seperti email dan facebook.

Penampilan kebapakannya yang ‘ngayomi‘ serta dalamnya ilmu yang dimilikinya, termasuk yang menjadi kesan baik di diri saya pribadi - menjadi penyemangat saya pula untuk terus dapat eksis di dunia blogging (sekemampuan saya). Dan saya yakin meninggalkan kesan yang mendalam pula didiri barudak Blogor lainnya.

Termasuk semangatnya untuk menyemangati barudak Blogor menerbitkan tulisan-tulisan di blognya kedalam sebuah buku.

Sejauh ini Blogor telah menghasilkan dua buah buku, yang bersifat keroyokan oleh barudak Blogor. Satu telah lama terbit, dan satu lagi baru akan terbit. Dan kedua-duanya tersisipi, untungnya, dengan kata pengantar beliau.

1360136594261950870
                             Buku Talas Blogor

Buku pertama berjudul Talas Blogor (Penerbit Leutika Prio), dan buku kedua yang akan terbit tidak lama lagi berjudul Hitam Putih Bogor (diterbitkan di penerbit yang sama, yaitu: Leutika Prio - jika berminat, kedua buku tersebut dapat dipesan langsung secara online ke penerbit Leutika Prio). Untuk buku kedua ini barudak Blogor berusaha menyajikannya dengan agak istimewa, karena disajikan dalam bentuk ‘bilingual/dwi bahasa’: Indonesia - Inggris, agar bisa menjangkau ‘dunia’ yang lebih luas lagi - begitu kira-kira tujuannya.

1360136854948918244
                                  Buku Hitam Putih Bogor

Pak Prof, selamat jalan, nasehatmu (terutama untuk tetap menulis dan ngeblog), tulisan-tulisanmu (masih bisa dijumpai di blognya: ronawajah.wordpress.com) insya Allah akan selalu ada dalam ingatan dan kenangan manis barudak Blogor. Insya Allah, amal ibadahmu akan turut menyertaimu kembali ke haribaanNya, ke pelukanNya, ke rumahNya nan abadi. Allahummagh firlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu anhu, aamiin.

NB:
Sebagai tanda berduka cita terhadap kepergian beliau, barudak Blogor dihimbau untuk memasang avatar (atas saran kang @Mataharitimoer) seperti dalam contoh terlampir:

13601364141533289441
Prof. Sjafri Mangkuprawira

Note:
Sumber gambar foto profile: perilakuorganisasi.com
Sumber gambar avatar: @Mataharitimoer
Sumber gambar buku Talas Blogor dan Hitam Putih Bogor (via @Mataharitimoer): LeutikaPrio.com
Insya Allah jenazah akan dimakamkan di TPU Dreded setelah shalat Ashar, diberangkatkan dari rumah duka: Jl. Gunung Batu no. 81, Bogor (sumber: @Mataharitimoer)

Share Artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

0 komentar

Bagaimana Pendapat Anda?